Pengaruh Celebrity Endorser dan Electronic Word Of Mouth terhadap Minat Beli Produk Online Zilingo

Posted on

Pengaruh Celebrity Endorser dan Electronic Word Of Mouth terhadap Minat Beli Produk Online Zilingo

http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16319/

Pengaruh Celebrity Endorser dan Electronic Word Of Mouth terhadap Minat Beli Produk Online Zilingo

Haryanti, Neneng Siti

Perkembangan teknologi turut mengubah gaya hidup konsumen yang beralih untuk berbelanja online. Agar penggunaan teknologi dapat berhasil dengan baik maka perusahaan dalam mengarahkan komunikasi persuasif pada produknya adalah dengan cara iklan. Model iklan yang dipilihpun harus mampu mewakili karakteristik suatu produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara celebrity endorser dan electronic word of mouth Terhadap minat beli produk online Zilingo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEB UHAMKA semester VIII yang pernah membeli produk online Zilingo pada bulan April 2019 sebanyak 236 orang. Teknik pemilihan sampel menggunakan slovin diperoleh berjumlah 148 orang responden. Teknik pengolahan dengan menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 22 dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Model regresi linier berganda yang diperoleh yaitu Ŷ = 1,622 + 0,121 X1 + 0,477 X2 + e, hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi autokorelasi dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Hasil analisis koefisien korelasi berganda antara variabel celebrity endorse dan electronic word of mouth terhadap minat beli sebesar 0,554, yang berarti terdapat hubungan sedang. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara celebrity endorse terhadap minat beli dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel atau 2,134 > 1,97646. Sedangkan variabel electronic word of mouth terhadap minat beli ada pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel atau 6,204 > 1,97646. Secara simultan variabel celebrity endorse dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai fhitung > ftabel atau 22,786 > 3,06.

http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16319/1/FEB_MNJ_1502025185_Neneng%20Siti%20Haryanti.pdf

Unduh!

admin
Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *