Pengaruh Online Customer Reviews, Electronic Word Of Mouth dan Foto Produk terhadap Keputusan Pembelian Online di Toko Iweardins E-Commerce Shopee

Posted on

Pengaruh Online Customer Reviews, Electronic Word Of Mouth dan Foto Produk terhadap Keputusan Pembelian Online di Toko Iweardins E-Commerce Shopee

http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16298/

Pengaruh Online Customer Reviews, Electronic Word Of Mouth dan Foto Produk terhadap Keputusan Pembelian Online di Toko Iweardins E-Commerce Shopee

Malvieka, Mifta Della

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review,
electronic word of mouth dan foto produk terhadap keputusan pembelian online di
toko Iweardins e-commerce Shopee. Dalam penelitian ini digunakan metode
survei, yaitu untuk menjelaskan pengaruh antar variabel independen online
customer review, electronic word of mouth dan foto produk terhadap variabel
dependen keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Fakultas Ekonomi dan Bisnis
angkatan 2016 yang berjumlah 208 orang dan sampel dalam penelit ian ini
berjumlah 137 orang, dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa
regresi linear berganda. Dalam penelitian ini diolah dengan perangkat lunak IBM
SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel online
cutomer review tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil ini dapat
dibutktikan dengan nilai thitung 0.434 < ttabel 1.977 dan nilai signifikansi 0.665 >
0.05, sehingga H1 ditolak. Variabel electronic word of mouth berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil ini dapat dibuktikan dengan
nilai thitung 4.928 > ttabel 1.997 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, sehingga H2 diterima. Variabel foto produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung 2.185 > ttabel
1.977 dan nilai signifikansi 0.031 < 0.05, sehingga H3 diterima. Hasil uji F menunjukan bahwa nilai Fhitung 55.402 > Ftabel 2.67 dengan nilai signifikansi
sebesar 0.000 > 0.05, sehingga online customer review, electronic word of mouth
dan foto produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian, maka H3 diterima. Hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa
Adjusted R Square sebesar 0.545. hasil ini berarti kemampuan variabel
independen dalam menjelaskan variasi variabel dependen sebesar 54,5%
sedangkan 45,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan ke dalam
penelitian.

http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16298/1/FEB_MNJ_1602025017_Mifta%20Della%20Malvieka.pdf

Unduh!

admin
Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *