Pengaruh Trend Fashion Hijab dan Kosmetik Halal terhadap Sifat Konsumtif Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA)

Posted on

Pengaruh Trend Fashion Hijab dan Kosmetik Halal terhadap Sifat Konsumtif Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA)

http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16351/

Pengaruh Trend Fashion Hijab dan Kosmetik Halal terhadap Sifat Konsumtif Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA)

Fadhilah, Dini

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara Trend
Fahion Hijab dan Kosmetik Halalterhadap Sifat Konsumtif Konsumen.
Variabel dependen pada penelitian ini adalah Sifat Konsumtif Konsumen.
Sedangkan variabel independen yang digunakan yaitu Trend Fashion Hijab Dan
Kosmetik Halal. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer
berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden.Respondendalam penelitian
ini merupakan Mahasiswi aktif semester genap yang terdaftar di Fakultas
Ekonomi dan Bisnis UHAMKA. Hasil jawaban responden kemudian diolah
menggunakan analisis akuntansi, uji kualitas data, analisis regresi linier berganda,
uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi dengan bantuan
software SPSS 25.0.Pengmbilan sampel dilakukan dengan teknik judgement
sampling.Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 92 sampel, dimana 1
sampel lainnya tidak dapat diolah sehingga jumlah sampel yang dapat digunakan
hanya 91 sampel.
Hasil yang diperoleh dari koefisien regresi persamaan Ŷ = -1,246 + 0,349 X1 +
0,893 X2. Hasi uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik T menunjukan
bahwa variabel trend fashion hijabberpengaruh secara parsial terhadap sifat
konsumtif konsumen dengan nilai t hitung sebesar 4,529 > t tabel 1,987 dan nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.. Variabel kosmetik halalberpengaruh secara parsial terhadap sifat konsumtif konsumen dengan nilai t hitung sebesar 6,670 > t
tabel 1,987 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu, hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik F menunjukan bahwa variabel trend fashion hijab dan kosmetik halalsecara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif terhadap sifat konsumtif konsumen dengan nilai f hitung sebesar 57,985> f
tabel (3,10) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai R Square sebesar 0,569 yang berarti variabel sifat konsumtif konsumen yang dapat dijelaskan oleh variabel trend fashion hijab dan kosmetik halaladalah sebesar 56,9% dan sisanya 43,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel independen agar dapat melihat faktor-faktor lainnya yang dapat memengaruhi sifat konsumtif konsumen. Selain itu, memperbanyak jumlah responden dengan cakupan wilayah yang lebih luas guna mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik lagi. http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16351/1/FEB_EKIS_1502055003_DINI%20FADHILAH.pdf Unduh!

admin
Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *