PENGARUH BUDAYA KERJA, KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF DR. HAMKA

Posted on

PENGARUH BUDAYA KERJA, KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF DR. HAMKA

PENGARUH BUDAYA KERJA, KOMPETENSI DAN
DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF DR. HAMKA

http://repository.uhamka.ac.id/1096/

Muchdie, Muchdie

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka saat ini memiliki 9 Fakultas dan 1
Sekolah Pasca Sarjana dengan jumlah dosen tetap dengan jabatan funsgional sebanyak
399 orang. Dengan jumlah dosen yang cukup besar ini, peneliti berupaya
mengoptimalkan potensi sumber daya manusia yang ada ini agar tercapai visi universitas
yaitu menghasilkan lulusan unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional,
dan sosial. Maka perlu juga menjalankan misi-misi UHAMKA yang menjadikan dasar
motivasi bagi peneliti untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini sangat menarik dan
penting karena lingkungan kampus UHAMKA yang tersebar di beberapa lokasi kampus
dan fakultas, menjadikan penelitian ini berguna untuk mengetahui sejauh mana dosen
melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dan meneliti budaya kerja, kompetensi dosen,
dan disiplin kerja dari setiap lokasi dimana dosen-dosen tetap tersebut bekerja.
Dalam kegiatan ini telah dilakukan penyebaran instrument berupa kuisioner
penelitian dan telah terkumpul 100 kuisioner. Alat ukur variabel yang digunakan dalam
penelitian ini mengunakan beberapa item pertanyaan dengan menggunakan skala model
likert lima poin. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner (angket) yang disusun dalam
bentuk kalimat pertanyaan positif dan negatif yang berhubungan dengan 4 variabel
tersebut. Masing-masing variabel dijabarkan menjadi indikator variabel, dan indikator
tersebut menjadi acuan dalam penelitian ini.
Tahapan analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan langkah yaitu
analisis deskriptif, pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis melalui analisis
jalur (path analysis). Selanjutnya melaksanakan pengujian statistik menggunakan
hipotesis statistik. Agar hasil temuan penelitian dapat bermanfaat dalam pengambilan
keputusan dan dapat dimengerti oleh orang lain maka hasil riset tersebut harus dibuat
laporannya.
Hasil penelitian ini berguna bagi peneliti dan organisasi dengan tujuan untuk
mempengaruhi kinerja dosen, membuat inovasi baru, memahami atau memprediksi
perilaku manusia atau fenomena yang ada di UHAMKA dan menyediakan informasi
yang diperlukan untuk mengambil kebijakan. Berharap temuan-temuan penting dalam
penelitian ini berguna untuk meningkatkan kinerja dosen dan bahan-bahan
pertimbangan untuk penelitian-penelitian selanjutnya yang bermanfaat bagi UHAMKA
dan masyarakat terutama yang terkait dengan budaya kerja, kompetensi dosen dan
disiplin kerja.

http://repository.uhamka.ac.id/1096/1/5.%20PKDM%20M%20Arief%20Darmawan%202018%20Pengaruh%20Budaya.pdf

Download Disini !

admin
Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *